7 Goa Menajubkan Yang Wajib di Kunjungi di Jawa, Indonesia

Posted by

Indonesia sangant populer dengan keindahan panoramanya. Sehingga banyak sekali wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia untuk berwisata setiap tahunnya. Salah satu aset pendukung untuk menarik para wisatawan adalah dengan adanya Gua-gua yang terdapat di Indonesia. Dibawah ini adalah 10 Goa yang menajubkan yang wajib dikunjungi di Indonesia.

 1. Istana Maharani

Goa ini juga disebut sebagai Gua Istana Maharani. Goa ini terletak di kedalaman 25 m dari permukaan tanah dengan 2.500 m2 gua rongga. Ditemukan secara kebetulan pada 6 Agustus 1992 dan dibuka sebagai objek wisata pada tanggal 10 Maret 1994 oleh Bupati Lamongan saat itu. Menurut Prof Dr. KRT. Khoo ahli internasional dari yayasan Speleologi perguaan Indonesia di Bogor menilai bahwa stalaktit dan stalagmit di gua Istana Maharani masih terus berkembang. Pertumbuhan mencapai sekitar 1 cm per dekade. Oleh karena keindahan gua ini bisa disejajarkan dengan gua Altamira di Spanyol. Gua Mammoth di Amerika Serikat dan gua-gua Carlsbad di Prancis Beautiful Caves That Must be Visited in Indonesian

2. Goa Jatijajar, Kebumen, Jawa Tengah

Goa Jatijajar merupakan tempat wisata alam yang terletak di desa Jatijajar, kecamatan Ayah, Kebumen. Gua ini terbentuk dari batu kapur. Gua Jatijajar memiliki panjang dari pintu masuk ke pintu keluar sepanjang 250 meter. lebar rata-rata 15 meter dan tinggi rata-rata 12 meter, sedangkan ketebalan langit-langit rata-rata 10 meter, dan tingkat permukaan laut 50 meter. Keunikan gua ini akan terasa saat kita berada di dalamnya, yaitu 32 patung yang sengaja dibangun. patung ini menceritakan kisah legenda "Raden Kamandaka - Lutung Kasarung". Mitos yang berkembang di masyarakat, Gua Jatijajar kuno pernah digunakan untuk bertapa oleh Raden Kamandaka Putra Mahkota Kerajaan Padjadjaran, bernama awalnya Banyak Clark atau Banyak Chakra.

3. Petruk Cave, Kebumen, Jawa Tengah

Goa Petruk ini adalah obyek wisata yang sangat populer di Kebumen. Pemandangan Pantai Logending, yang terletak di dusun dusun Mandayana Candirenggo ayah, Kebumen, atau sekitar 4,5 mil dari Jatijajar menuju selatan. Memasuku Goa ini kita akan dimanjakan oleh berbagai keindahan didalamnya. Goa dengan bentuk-bentuk aneh stalaktit dan stalagmit Oleh karena itu, nama-nama terdengar aneh, seram, atau lucu, misalnya:ada stalaktit yang tergantung di dinding gua. buaya putih (seperti buaya), atau batu helikopter, dan lain-lain.

 4. Goa Jomblang, Jogjakarta

Goa Jomblang menjadi objek wisata di Gunungkidul yang eksotis. Karena keindahannya Goa ini pernah menjadi lokasi syuting film The Amazing Race Amerika. Gua ini cocok untuk petualang kontur vertikal. Wisatawan harus menggunakan teknik rappelling ke gua turun ke bawah. Di bagian bawah gua yang hutan eksotis kuno.

 5. Goa Pindul, Yogyakarta

Goa Pindul objek wisata baru yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Secara resmi, Pindul sebagai dibuka untuk umum sebagai tempat wisata pada tahun 2010. Sebelum dieksplorasi lebih dalam, gua ini pernah menjadi saluran buang hajat tempat dan sampah. Pindul adalah sungai bawah tanah dan untuk mengeksplorasi gua ini Anda harus menaiki ban karet. tapi ketika musim hujan tiba, wisatawan yang ingin menyusuri Goa ini dengan perahu karet harus berhati-hati karena sering terjadi banjir mendadak. Dan pastikan dulu anda bisa berenang, juga pastikan anda memakai pelampung. Pariwisata umumnya dikenal sebagai gua tabung.

6. Goa Gong, Pacitan, Jawa Timur

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, sekitar 30 kilometer dari kota Pacitan. Goa ini disebut Goa Gong khususnya karena ornamen pada Goa ini dapat menghasilkan suara seperti gong.

7. Luweng Ombo, Pacitan Jawa Timur
Gua Luweng Ombo disebut-sebut sebagai gua vertikal terdalam di Jawa. Dengan kedalaman mulai dari 50 meter, 80 meter, dan tinggi sekitar 130 meter. Dengan memiliki diameter sekitar 50 meter di mulut gua, Luweng Ombo ditelusuri dengan menggunakan teknik tali tunggal. gua vertikal seperti ini, atau biasa disebut Luweng, beberapa dibentuk sebagai amblesnya lapisan tanah di atasnya (sinkhole). Meskipun Luweng Ombo adalah sebuah gua vertikal, gua tidak berarti itu tidak sedalam 120 meter memiliki garis horizontal. Di dalamnya juga terdapat beberapa lorong horizontal yang dapat digunakan sebagai tempat peristirahatan dari cavers. Gua ini terletak di Desa Kalak, Kecamatan Pacitan, Provinsi Jawa Timur yang diklaim sebagai gua vertikal terdalam di Jawa. Dinding gua Luweng Ombo juga sama dengan dinding gua di Jombang, Gunung Kidul, dapat dilihat dari dinding yang terlihat ditumbuhi lumut karena rembesan air pada dinding gua. Bagi mereka yang ingin menjelajahi gua tentu harus memahami prosedur pencarian standar gua dan menguasai penggunaan peralatan keselamatan seperti tali, carabiner, descender, ascender, dan demi keselamatan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:30:00 PM

0 comments:

Post a Comment

Post Terbaru